Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor

Lagi bingung menentukan rumah sakit untuk bersalinan nanti? Saya akan memberi bocoran biaya persalinan di beberapa rumah sakit Bogor.

Memasuki usia kandungan enam bulan, saya mulai cari-cari info seputar biaya dan pelayanan rumah sakit sekitaran Bogor untuk melahirkan nanti. Karena waktu pertama kali kontrol di RS Ummi, saya berpikir ya melahirkan di sini aja, karena dekat dengan rumah (Pagelaran). Tapi ternyata selama hamil, saya berdomisili di Jakarta dan lebih banyak menghabiskan akhir pekan di rumah orang tua (Taman Yasmin). Akhirnya di trimester kedua, saya pindah kontrol ke Hermina.

Eh tapi ternyata, pilihan pun semakin melebar karena saya kepikiran melahirkan di bidan. Berikut info biaya yang saya himpun setelah ngobrol dengan marketing dan berkeliling  di beberapa rumah sakit di Bogor:

Biaya Persalinan di RSIA Ummi Bogor

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor - ranselriri

Biaya di atas berlaku untuk kondisi normal tanpa penyulit. Belum termasuk administrasi 5% atau maksimal Rp1.500.000 dalam satu kwitansi, laboratorium, kembar, dan obat-obatan.

Fasilitas kamar di RS Ummi, bisa dilihat di sini.

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Hermina Bogor

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor - ranselririBiaya di atas belum termasuk biaya administrasi 7%, obat-obatan, laboratorium, visit dokter, komplikasi, dan lain sebagainya.

(Baca juga: Diary Kehamilan: USG 4D Murah Meriah)

Biaya Persalinan di RSIA Bunda Suryatni Bogor

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor - ranselriri

Harga di atas berlaku untuk pembayaran mandiri. Sedangkan harga untuk pembayaran menggunakan asuransi adalah sebagai berikut:

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor - ranselriri

Biaya di atas belum termasuk biaya administrasi 6%, obat-obatan, laboratorium, visit dokter, komplikasi, dan lain sebagainya.

Fasilitas kamar di RSIA Bunda Suryatni bisa dilihat di sini.

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Azra Bogor

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor - ranselririMengutip dari laman resmi Azra, harga tersebut sudah termasuk:

  • Tindakan oleh dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan RS AZRA
  • Konsultasi dengan dokter spesialis anak
  • Biaya kamar rawat inap 4 hari untuk ibu & bayi (caesar)
  • Biaya kamar rawat inap 3 hari untuk ibu & bayi (caesar)
  • New born screening : golongan darah, bilirubin total, check darah lengkap
  • Vaksinasi untuk bayi (hepatitis)
  • Obat-obatan standar selama perawatan
  • Konsultasi laktasi di Klinik Laktasi RS AZRA*
  • Pijat bayi (fisiotheraphy)*
  • Voucher foto bayi senilai Rp 100.000 dari Booboo studio*
  • Konsultasi dengan ahli gizi**
  • Konsultasi dengan dokter spesialis kulit**

*Berlaku untuk 1x konsultasi dan dalam bentuk voucher
**khusus untuk kelas kamar VIP, VVIP dan suite

Paket persalinan tidak termasuk:

  • Bayi sakit, bayi kembar, ibu sakit & bila ada tindakan/komplikasi lainnya, seperti : induksi, ILA, Vacuum, Lab ibu & bayi, transfusi, rontgen, KB/Steril, Obat dan alat kesehatan lainnya di luar paket.

Harga di atas hanya berlaku untuk persalinan terencana ya dan tunai ya bu ibu. Dengan kata lain, kita harus booking terlebih dahulu. Tindakan caesar darurat akan dikenakan biaya tambahan untuk jasa dokter, tindakan dokter, obat dan alat kesehatan (non paket). Begitu juga kalau bayarnya pakai asuransi swasta/kantor, harganya kemungkinan beda lagi.

Fasilitas kamar di RS Azra bisa dilihat di sini.

Rumah Sakit Bogor Medical Center

Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor - ranselriri

Harga belum termasuk penyulit, komplikasi, dan induksi persalinan.

(Baca juga: Biaya Tes Laboratorium Ibu Hamil)

Dari beberapa daftar di atas, ada harga prosedur untuk ILA. Sebenarnya apa sih ILA? Mengutip dari Alodokter, ILA atau Intrathecal Labour Analgesia adalah salah satu teknik anestesi (pembiusan) untuk meminimalkan rasa nyeri pada persalinan normal. Tindakan penyuntikan obat anestesi ke dalam cairan saraf tulang belakang (spinal) ini dilakukan saat persalinan masuk pada tahap pembukaan 4. Adapun lokasi penyutikan ini di punggung, baik dalam posisi ibu duduk ataupun berbaring miring.

Singkat cerita, kita bisa memilih melahirkan dengan ILA supaya nggak terlalu berasa sakit. Tapi konsekuensinya jadi nggak ‘terhubung’ dengan tubuh sendiri. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai manfaat dan efek samping ILA sebelum memutuskan untuk memilih prosedur ini.

Harga di atas BUKAN harga final ya buibu. Jadi sebaiknya sediakan 30-50% dari perkiraan biaya. Misalnya kalau harga di tabel Rp10 juta, berarti harus sedia dana tambahan Rp3-5 juta untuk berjaga-jaga.  😊

Selain bertandang langsung dan googling rumah sakit di sekitaran Bogor, saya melirik kemungkinan melahirkan di klinik bidan mandiri, yaitu antara di Bidan Helena Sundari di BCC atau Bidan Erie Marjoko di Citayam Depok. Setelah memeriksakan kandungan di sana, ada semacam keinginan kuat untuk melahirkan di sana. Suami pun begitu 😊. Selain tempatnya yang nyaman dan homey, saya memang menginginkan intervensi medis minimal, gentle birth, natural birth, bisa bawa-bawa gymball, bisa melahirkan dengan posisi yang menurut saya nyaman (tidak selalu tiduran sambil ngangkang), bisa IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan room-in dengan dedek bayi, serta didampingi suami saat persalinan nanti.

(Baca juga: Berburu Bidan di Bogor dan Daftar Pertanyaan yang diajukan Sebelum Memilih Provider Persalinan)

Suasana tempat kelahiran sangat memengaruhi psikologis ibu melahirkan. Setelah baca pengalaman melahirkan Dewi Lestari di sini dan pengalaman seorang ibu yang melahirkan secara gentle birth tanpa mengejan sama sekali, saya makin yakin kalau saya menginginkan tempat melahirkan yang tenang dan itu di bidan.

Untuk mencapai hal tersebut pastinya saya juga rajin memberdayakan diri dengan prenatal yoga, mengikuti kelas hypnobirthing, kelas persiapan persalinan, dan kelas menyusui.

Biaya melahirkan di bidan tentunya sangat terjangkau kalau di bandingkan dengan rumah sakit. Baca penjelasan lengkapnya di postingan Pengalaman Periksa Kehamilan di Bidan dan Biaya Persalinan di Bidan Wilayah Bogor.

 

5 thoughts on “Biaya Persalinan di Rumah Sakit Wilayah Bogor

  1. Kayaknya di beberapa rumah sakit lain juga ada pembedaan mbak antara bayar tunai dan asuransi, soalnya di keterangan harganya ada syarat ketentuan hanya berlaku untuk tunai. Cuma ga semua marketing ngeliatin beda harganya 😅

  2. Selamat ya Kak Riri atas kelahiran anaknya. Kalau boleh tau jadi melahirkan dimana Kak? Tidak sabar membaca ceritanya. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *