Boleh Nggak sih Ibu Hamil dipijat? dan Pengalaman Pijat Hamil Menggunakan Jasa Homecare Bidan

Boleh Nggak sih Ibu Hamil dipijat? dan Pengalaman Pijat Hamil Menggunakan Jasa Homecare Bidan - ranselriri

Ibu hamil nggak boleh dipijat? Ah masa sih? Mitos atau fakta? Yuk bahas seputar pijat hamil berdasarkan referensi ilmiah.

Siapa di sini yang senang dipijat? *ngacung tinggi*

Saya senang dipijat. Tapi bukan yang harus dipijat tiap bulan juga sih. Seperlunya aja, terutama kalau badan udah pegal-pegal dan nggak membaik setelah dipijat oleh suami πŸ˜›.

pijat hamil 2 - ranselriri
Ada kalanya pijatan suami kurang mempan.

Jadi ceritanya, ada teman semasa kuliah dari Bandung yang datang ke Jakarta dan belum pernah ke Monas. Berhubung kunjungan terakhir saya ke Monas adalah ketika SD (padahal sudah 4 tahun kerja di Jakarta), saya pun mengiyakan untuk tamasya singkat ke sana. Ternyata tamasya singkat tersebut berakhir dengan kaki luar biasa pegal, nyeri, dan terbangun tengah malam selama dua hari karena kram.

Ya wajar aja, soalnya saya sedang hamil 26 minggu dan beberapa kali naik-turun tangga. Meskipun udah pelan-pelan, ternyata kaki tetap tak mampu menopang badan saya yang naik 10 kg ini.Β πŸ˜‚

Di Bogor, saya punya tukang pijit langganan, tapi nggak yakin beliau punya skill untuk mijit ibu hamil. Setahu saya layanan pijat hamil di Bogor ada di Marun Aromaterapi spa, salon khusus wanita dan ibu hamil yang juga jadi langganan saya sejak masih single.Β Berhubung sakit kaki ini udah nggak tertahankan dan posisi saya di Jakarta, akhirnya saya mencari-cari layanan pijat ibu hamil yang bisa dipanggil ke rumah.

Setelah ngubek-ngubek instagram, saya baru tahu kalau ternyata ada banyak jasa homecare bidan yang menyediakan layanan untuk ibu dan bayi. Dari sekian banyak pilihan, berjodohlah saya dengan @kimomby_homecare.

Sebelum bikin janji, pastinya saya cari-cari info dulu dong mengenai keamanan pijat hamil. Soalnya ada yang bilang ibu hamil nggak boleh dipijat.

pijat hamil - ranselriri 2

Yuk kita bahas kebenarannya. Referensi ilmiah yang saya pakai berasal dari situs kesehatan luar negeri terverifikasi dan jurnal kesehatan NCBI.

Adakah studi atau penelitian yang mendukung manfaat pijat ibu hamil (prenatal massage) dan manfaatnya?
Dari tiga studi yang dilakukan, pijat ibu hamil memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Menurunkan gejala depresi, kecemasan, sakit kaki, dan sakit punggung.
  2. Wanita hamil yang depresi diberikan pijatan kehamilan mengalami lebih sedikit komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi baru lahir. Untuk poin nomor dua ini, studi dilakukan khusus pada ibu hamil yang mengalami depresi.
  3. Risiko mengalami depresi postpartum (baby blues) dan kadar kortisol (hormon stres) menurun pada ibu hamil yang dipijat. Bayi yang baru lahir dari ibu yang dipijat juga memiliki kadar kortisol yang lebih rendah. [1]
  4. Memperbaiki kualitas tidur [2]. Cucok nih buat bumil yang udah susah tidur. πŸ˜ƒ

Itu aja?
Ya nggak dong. Manfaat lainnya yaitu:

  1. Meringankan kram dan kaku otot. Terutama di punggung, pinggang, dan kaki. Persis sama yang saya rasain nih.
  2. Melancarkan peredaran darah. Kalau peredaran darah lancar, bengkak pun jadi berkurang. Hayoo, di sini siapa bumil yang udah ngerasain kakinya jadi bengkak memasuki trimester tiga?
  3. Memberikan efek relaksasi. Kalau ibunya rileks, emosi jadi lebih stabil dan bagus efeknya untuk janin di perut. [3]

Apa pijat hamil aman untuk semua ibu hamil?
Sebaiknya sih tetap konsultasikan dulu ke dokter kandungan. Terutama kalau punya risiko keguguran (kandungan lemah), pernah keguguran sebelumnya, pernah mengalami pendarahan, atau ibu hamil yang memiliki masalah pengentalan darah. [3] Pijat hamil juga tidak dianjurkan untuk ibu dengan riwayat preeklamsia dan punya tekanan darah tinggi. Oh iya, untuk lebih amannya, sebaiknya pijat hamil dilakukan setelah memasuki trimester kedua ya. [4]

Berdasarkan penelitian, pijat hamil selama dilakukan dengan aman, tidak berisiko membuat keguguran atau kelahiran prematur kok. [1] [3]

Pijat hamil yang aman itu kaya gimana?
Dilakukan oleh profesional terlatih, sehingga tahu bagian tubuh mana saja yang harus dihindari.

Nah, sekarang udah tahu kan ya fakta ilmiah seputar pijat hamil. Pengalaman pijat hamil pertama saya dengan Kimomby Homecare bisa dibilang memuaskan.

Terapisnya, yaitu bidan Yuli datang on time sesuai perjanjian, padahal lagi hujan loh. Setelah itu saya diminta berganti dengan sarung atau kain bali dan melepas atasan. Minyak pijat dan mangkuknya sudah disediakan. Tapi saya tetap memakai minyak yang saya punya karena pengen rileks dengan wangi lavender.

Treatment dimulai dengan mengukur tekanan darah. Selanjutnya saya diminta berbaring miring ke kiri. Anggota tubuh bagian kiri mulai dari telapak kaki, betis, paha, punggung, sampai ke bahu. Berbaring menyamping ini memang sesuai dengan standar aman pijat hamil. Ibu hamil, terutama yang hamil tua, tidak disarankan berbaring telentang lama-lama karena janin bisa kehabisan oksigen.

Setelah selesai di bagian kiri, saya diminta berbaring ke kanan dan dilakukan treatment yang sama. Jadi, bagian perut sama sekali nggak disentuh ya buibu. Selama sesi pijat, bidan Yuli memutarkan musik klasik supaya lebih rileks.

Selesai pijat, detak jantung bayi diperiksa menggunakan doppler. Bidan juga meraba perut saya untuk mengetahui posisi dedek bayi. Pelayanan Kimomby Homecare ini memang sudah termasuk periksa kehamilan.

Treatment diakhiri dengan konsultasi seputar kehamilan. Saya memanfaatkan sesi ini untuk bertanya seputar IMD dan cara-cara pencegahan supaya ASI tidak macet. Habis pijat, bisa langsung leyeh-leyeh cantik di kamar. Nggak harus nungguin gojek/grab/minta dijemput suami. Badan lebih segar, rileks, dan pastinya sakit kaki hilang. Enaak πŸ˜„.

(Baca juga: Pengalaman Periksa Kehamilan di Bidan dan Biaya Persalinan di Bidan Wilayah Bogor)

Selain pijat hamil, Kimomby Homecare juga melayani pijat laktasi supaya ASI lancar, pijat nifas, pijat bayi, baby spa, dan privat prenatal yoga. Ada empat bidan yang tergabung di sini. Oh iya, biaya di price list belum termasuk transportasi terapis ke rumah buibu yaaa.

Nah, buibu, ada yang pernah ngerasain pijat hamil juga? Sharing dong pengalamannya.

Referensi ilmiah:

[1] https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2870995/

[2] https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3319349/

[3] https://www.verywellfamily.com/oooo-ahhh-pregnancy-massage-2752820

[4] http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/prenatal-massage/

13 thoughts on “Boleh Nggak sih Ibu Hamil dipijat? dan Pengalaman Pijat Hamil Menggunakan Jasa Homecare Bidan

  1. Terima kasih banyak bunda sudah mempercayakan pada kamiπŸ˜‰πŸ€— semoga kehamilan yang sekarang menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sehat sehat selalu yah bunda. Salam cinta @kimomby_homecare

  2. Terima kasih banyak bunda sudah mempercayakan pada kamiπŸ˜‰πŸ€— semoga kehamilan yang sekarang menjadi pengalaman yang menyenangkan. Sehat sehat selalu yah bunda. Salam cinta @kimomby_homecare

  3. Terimakasih bunda ririπŸ’•πŸ’•πŸ’• sehat selalu ya semoga persalinannya nanti lancar sesuai sama apa yang bunda mau hehe😁 sampai bertemu kembali bunda😊

  4. Wahhh terima kasih banget kak infonya..πŸ˜€
    Bisa buat referensi ke temen atau keluarga kalo pijat buat ibu hamil atau baby nya bisa ke kimomby_homecare πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  5. Terima kasih bunda atau Kepercayaan nya di pada @kimomby_homecare semoga kami bisa meningkat pelayanan kami. Sehat selalu yah bunda. Salam cinta bidan dea

  6. Wahhh, terimakasih bunda atas kepercayaannya menggunakan kimomby homecare semoga pelayanan kami akan selalu memberikan kenyamanan selalu 😊😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *