Prenatal Yoga (Yoga Hamil) bareng Suami di Natura Yoga

Semakin semangat ikut prenatal yoga setelah tahu deretan manfaatnya, apalagi kalau dilakukan bersama suami.

Memasuki trimester kedua, saya ibarat mendapatkan lampu hijau untuk mulai beryoga lagi. Sebelum hamil, saya sudah rutin ikut yoga seminggu sekali di kantor. Kantor saya, Alodokter, memang sengaja memanggil coach body toning dan yoga supaya karyawannya pada sehat.

Meskipun harus pulang malam setiap Rabu karena yoga, saya berusaha konsisten. Lumayan kan, selain jadi sehat bisa ngirit keanggotaan gym juga 😝. Setelah hampir enam bulan rutin beryoga, Alhamdulillah keluhan sakit punggung berkurang dan tidur pun jadi nyenyak banget.

Setelah tahu kalau saya hamil, guru yoga saya yaitu Mas Adit, menyarankan saya untuk stop yoga dulu sampai trimester pertama selesai. Baru boleh lanjut yoga lagi dengan mengambil kelas prenatal yoga saat trimester kedua, dengan catatan kandungan tidak ada masalah.

Malah dokter kandungan saya baru menyarankan setelah trimester ketiga. Padahal kehamilan saya Insya Allah sehat dan saya juga rutin olahraga sebelumnya. Keburu kaku badan ini dok.

Saya pun mencari tahu, apa bener yoga baru boleh dilakukan saat trimester tiga? Ternyata jurnal ilmiah NCBI dan sumber ilmiah lainnya menyatakan, sebenarnya boleh kok melakukan yoga sejak trisemester awal. Tapi jangan bayangin yoga yang nungging-nungging dan ngangkat-ngangkat kaki ya. Karena duduk bersila dengan menarik napas dalam-dalam dan stretching arms, juga sudah termasuk yoga. Malah gerakan yoga yang super lembuuuut seperti ini bisa membantu menghilangkan mual muntah di awal kehamilan. Nyesel juga nggak melakukannya di trimester awal, karena mual muntah saya termasuk parah.

12345678910

11
Manfaat prenatal yoga. Credit to @bidankita

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya ikut kelas yoga setelah melewati 20 minggu kehamilan ya. Apalagi kalau sebelumnya belum pernah yoga sama sekali atau jarang banget olahraga. Soalnya banyak kelas yoga yang memfokuskan gerakan-gerakannya untuk melancarkan persalinan, sehingga lebih cocok diikuti setelah trimester kedua.

Apa sih bedanya yoga dengan senam hamil?

Sepengalaman saya setelah mengikuti senam hamil di Hermina dan yoga di Natura Yoga, gerakan-gerakan senam hamil jauuuuh lebih ringan. Nggak tahu sih di tempat lain, tapi gerakan senam hamil yang diajarkan di Hermina lebih fokus pada hitungan menahan gerakan, sedangkan yoga pada napas.

Misalnya nih, saat senam hamil gerakannya berbaring sambil menekuk kaki, lalu mengangat perut sejengkal dari matras. Nah saya disuruh menghitung sampai delapan hitungan, tidak peduli berapa kali saya napas (inhale and exhale). Sedangkan gerakan yoga dihitung dari berapa kali kita bernapas. Ngerti kan ya? 😁

Alhasil saya sama sekali nggak berkeringat pas ikut senam hamil. Beda dengan prenatal yoga yang sukses bikin saya berkeringat.

Selain itu, senam hamil sepertinya lebih fokus pada kesiapan tubuh saat persalinan nanti. Sementara yoga pada kebugaran selama hamil hingga melahirkan nanti.

Yoga bareng Suami di Natura Yoga 

Sejak tahu kalau saya hamil, saya bertekad kalau akan menjalani kehamilan ini berdua. Suami sebagai 50% pemegang saham, harus turut serta memberdayakan diri. Jadi nggak cuma saya yang harus olahraga, suami juga dong 😁. Alhamdulillah suami nggak protes samsek pas diseret ikut yoga, padahal sebelumnya nggak pernah yoga sama sekali. Hihihi.

Pencarian provider prenatal yoga di Bogor pun dimulai. Ternyata cukup banyak juga yang menyediakan kelas yoga untuk ibu hamil, tapi jarang yang buka kelas untuk couple yoga. Sejauh ini satu-satunya yang menyediakan kelas yoga untuk pakmil dan bumil di Bogor adalah Natura Yoga.

Natura Yoga - ranselriri
Studio Natura Yoga

Pas pertama kali datang ke tempatnya, takjub juga ternyata ada tempat seteduh ini di dekat jalan tol. Selain itu studionya nyaman, dalam artian pencahayaanya redup ditambah semilir aromaterapi, jadi bikin tambah rileks. Peralatannya pun lengkap, mulai dari matras, balok kayu, bantal, dan selimut, jadi peserta cuma tinggal bawa diri aja. Dan yang paling penting, harga kelasnya terjangkau!

Ikut prenatal yoga bareng suami ini banyak banget manfaatnya. Berikut beberapa materi diajarkan di Natura Yoga:

  • Gerakan untuk mengatasi keluhan seputar kehamilan seperti kram kaki, bengkak, nyeri pubis, nyeri pinggang, nyeri panggul, dan nyeri punggung. Btw, keluhan bumil banyak juga ya, hehe.
  • Mengoptipmalkan posisi bayi yang masih sungsang, supaya kepala bayi bisa ada di bawah.
  • Suamiku jadi paham keluhan-keluhan umum yang dirasakan istrinya dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Misalnya dengan membantu memijit bagian tertentu (comfort massage).
  • Mbak Manda, instruktur yoga di Natura Yoga, mengajari kami teknik pernapasan supaya nggak cepat kehabisan napas saat kontraksi. Jadi kalau nanti konsentrasi saya buyar pas lahiran, suami bisa mengingatkan.
  • Afirmasi positif untuk dedek bayi.
  • Bonding pasangan dalam menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan.
  • Pose yoga berpasangan di ruang persalinan untuk meminimalkan nyeri pembukaan.

prenatal yoga di bogor - ranselririprenatal yoga di bogor 2 - ranselriri

Nah bumil, yuk seret pakmil untuk ikut prenatal couple yoga. 😊

Natura Yoga Studio 

IG: @naturayoga
Kontak: 087873365536 (Mbak Manda) / 0896621780
Alamat: Jl. Cikabuyutan No.3 Baranangsiang Bogor

Referensi:

Yang, L & Cooper, D. NCBI (2018). Pregnancy Exercise.
Pizer, A. Verywell Family (2018). When to Start Prenatal Yoga in the First Trimester. 

One thought on “Prenatal Yoga (Yoga Hamil) bareng Suami di Natura Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *