Diary Kehamilan: USG 4D Murah Meriah

Kehamilan pertama biasanya bikin excited calon orang tua baru, termasuk saya. Di antara rasa bahagia, terselip rasa khawatir dan penasaran akan kesehatan janin. Salah satunya penasaran dengan muka si dedek bayi di dalam perut 😊. Oleh karenanya saya dan suami memutuskan untuk mengintip wajah janin di kandungan lewat USG 4D.

Sejak awal kehamilan, saya rutin memeriksakan diri ke dr. Astri Susanti SPOG di Hermina Bogor. Alhamdulillah sejauh ini kehamilan saya sehat. Biasanya saat kontrol, kondisi janin dicek melalui USG 2D. Melalui USG 2D ini sebenarnya sudah bisa terlihat perkembangan janin secara umum. Misalnya berat, ukuran kepala, tulang, organ dalam, tali pusat, plasenta, ketuban, dll. Tapi namanya juga calon orang tua baru, saya dan suami penasaran ingin melihat muka dedek lewat USG 4D.

Kebetulan saat itu salah satu teman kantor saya baru melakukan USG 4D di Hermina. Ternyata biaya yang dia keluarkan Rp 1 jutaan. Lumayan mahal juga ya, pikir saya. Teman saya bilang, harga tersebut mahal karena USG dilakukan oleh dokter spesialis fetomaternal. Sesaat sebelum pemeriksaan dilakukan, dokter spesialis tersebut bertanya pada teman saya, atas rujukan siapa atau memang karena keinginan sendiri?

Pertanyaan rujukan ini ternyata karena USG 4D bukan merupakan standar pemeriksaan kehamilan rutin. Artinya, tidak dilakukan pun tidak apa-apa. Namun dengan USG 4D, gangguan janin seperti bibir sumbing dapat diketahui. Di mana hal tersebut tidak bisa terlihat melalui USG 2D.

Terus apa bedanya USG 3D dan 4D? Sama aja sebenarnya. Namun saat 4D, orang tua bisa melihat janin saat tersenyum atau menguap alias dalam bentuk video. Gemes banget deh. Sedangkan 3D itu ya cetakan hasilnya.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Setelah sempat googling harga USG 4D di sekitaran Bogor dan Jakarta, akun Instagram @usgkosambi follow IG suami. Klinik ini menawarkan USG 2D+4D dan konsultasi dokter dengan harga Rp230.000 saja, sudah termasuk dicetak dua lembar untuk masing-masing USG. Penambahan cetak USG 4D dikenakan biaya Rp10.000, sedangkan USG 2D hanya Rp5.000 aja. Wah murah juga, pikir kami.

Hanya saja posisi kliniknya lumayan jauh, yaitu di daerah Cengkareng Jakarta Barat. Jadi yang di Bogor bakal lumayan capek dan berat di ongkos kayaknya. Kebetulan saat itu domisili kami lebih banyak di Jakarta, jadi bisa naik kereta. Dari Tebet (tempat kami) naik kereta ke Duri, lalu sambung kereta ke arah Tangerang dan berhenti di stasiun Rawa Buaya. Ongkos keretanya Cuma Rp6.000 bolak-balik. Sedangkan dari stasiun Rawa Buaya, cukup nyambung Grab atau Gojek selama tujuh menit.

USG 4D murah 4 - ranselriri

USG 3D 4D murah

Kliniknya kecil dengan interior minimalis yang manis. Kami booking via Whatsapp, namun nomor antrian disesuaikan dengan kedatangan. Saat kami datang, sudah ada lima pasangan yang menunggu. Ternyata hari itu dokternya telat dan kami diminta menunggu sekitar sejam. Pada saat dokternya datang, ada pasutri yang lagi pulang dulu dan ada yang lagi makan, jadilah saya masuk urutan ketiga 😃.

Lumayan kaget juga lihat ruang periksanya, karena ini klinik kecil tapi bagus! Layar USG-nya jauuuuh lebih besar daripada yang di Hermina. Jadinya suami lebih enak saat ngerekam. Selain itu saya merasa hasil USG-nya lebih jernih.

USG 4D murah 2 - ranselriri
Kepala dan kelamin.

Pertama-tama dokter melakukan USG 2D lalu menjelaskan detailnya. Dokternya juga informatif, bukan tipe irit ngomong. Lingkar kepala, bobot, sampai aliran darah tali pusat dijelaskan. Alhamdulillah plasenta tidak menutupi jalan lahir, posisi kepala dedek sudah berada di bawah, dan tidak terlilit tali pusat.

USG 4D murah 1 - ranselriri
Aliran darah di tali pusat dan detak jantung.

Tibalah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu pengambilan wajah dedek. Alhamdulillah, wajahnya langsung kelihatan alias nggak ngumpet. Beberapa hari sebelumnya saya dan suami rajin afirmasi supaya dedek nggak ngumpet, jadi ayah ibunya bisa melihat dia. Subhanallah, ngeliat lewat layar aja udah seterharu ini, gimana nanti ketemu saat dedek lahir 😇.

USG 4D murah - ranselriri

Overall dengan harga USG 4D murah meriah, kami puas dengan fasilitasnya. Selain dicetak, hasilnya pun bisa dikirim lewat WhatsApp loh 😄. Follow aja IG-nya karena USG Kosambi sering ngadain promo. Sayangnya, seminggu kemudian klinik ini pindah ke Bintaro 😞. Dari stasiun pun aksesnya lumayan jauh.

Oh iya, saya melakukan USG 4D saat usia kehamilan 27 minggu. Kalau mau melihat wajah dedek, sebaiknya lakukan USG 4D di rentang usia kehamilan 26-30 minggu. Kalau kurang dari 24 minggu, wajah bayi belum terlihat jelas. Tapi kalau lebih dari 30 minggu, ruang gerak bayi semakin sempit sehingga wajahnya lebih susah dilihat.

Silakan tinggalkan komentar atau tanggapan kalau sekiranya informasi ini berguna ya. 😊

Referensi:
Griffin, M. WebMD (2018). 3D and 4D Ultrasounds. [Link]
Morris, K. Baby Centre (2015). What are 3D and 4D ultrasound scans? [Link]

4 thoughts on “Diary Kehamilan: USG 4D Murah Meriah

  1. Hi Riri.. salam kenal.. saya Tiara.. saat ini sedang hamil 25 week. Saya asli Bogor juga, Ciampea tepatnya. Tapi saya berdomisili di Ciputat, Tangerang Selatan. Saya mau sharing tentang Klinik yang menyediakan USG 4D dengan harga yg terjangkau juga, tapi sayangnya blm buka cabang di Bogor. Namanya Klinik Kehamilan Sehat, bisa dicek di websitenya atau di Instagram @kehamilansehat. Klinik ini sudah mempunyai banyak cabang di wilayang Tangerang, Jakarta, Bekasi, dan Bandung (lengkapnya bisa dilihat di web dan IG yaa). Harga yang ditawarkan juga berkisar harga di klinik kosambi yg kamu review.. sekitar 200rb untuk USG2D dan cetaknya plus Live USG4D, kalau mau cetak hasil USG 4Dnya 50rb kalau ga salah.. kliniknya bersih, nyama dan dokternya juga ramah dan informatif. Hasil pemeriksaan tensi, berat badan ibu dan hasil USG nya nanti akan dicetak di selembar kertas dan kita dikasih map/folder, jadi ga perlu pake buku pemeriksaan lagi. Semoga infonya bermanfaat yaa

    1. Hi Tiara, makasih ya udah mampir. Terima kasih ya infonya 🙂 bisa jadi referensi untuk bumil yang lokasinya jauh dari klinik Kosambi nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *