Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah

Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah - ranselriri

Jangankan periksa ke puskemas, dulu saya ngga pernah kebayang periksa kehamilan di bidan atau bahkan memilih bidan sebagai provider melahirkan. Tapi setelah blog walking, wawasan saya jadi terbuka dan nggak underestimate lagi.

Puskesmas, istilah yang identik dengan faskes tingkat I ini nggak seburuk yang saya bayangkan sebelumnya. Maklum aja, faskes I BPJS saya di klinik swasta. Alasannya karena saya pikir puskesmas identik dengan antrian panjang, tidak modern, dengan tenaga kesehatan yang terbatas. Ternyata anggapan ini salah, karena beberapa puskesmas terutama di tingkat kota sudah cukup besar dan modern.

Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah - ranselriri
Bangunannya besar dan bersih

Pada usia kehamilan ke-35 minggu, saya akhirnya menjajal periksa kehamilan di puskesmas. Pilihan saya adalah Puskesmas Bogor Tengah yang letaknya di daerah Pengadilan, tepatnya di belakang Kejaksaan Bogor.

Puskemas Bogor Tengah memang cukup kekiniaan. Selain punya situs pribadi dan IG, pasien juga bisa menghubungi lewat nomor WhatsApp. Waktu itu saya WA menanyakan jadwal periksa kehamilan yang ternyata jatuh pada hari Senin dan Selasa.

Kesan pertama saat datang ke puskesmas Bogor Tengah adalah gedungnya bagus, cukup besar, dan bersih, malah terkesan seperti rumah sakit. Pelayanannya juga cepat.
Karena BPJS saya bukan tercatat di sana, saya mendaftar sebagai pasien umum. Antrian untuk ibu hamil dan pasien umum saat mendaftar dibedakan, jadi saya tidak perlu menunggu lama.

Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah - ranselriri
Biaya pendaftarannya Rp5000 saja. Dan belakangan, saya baru tahu kalau biaya ini sudah termasuk biaya pemeriksaan (kalau tidak pakai BPJS). Murah banget!

Setelah memberikan buku KIA, saya ditimbang berat badan dan diukur tensi. Oh iya, periksa kehamilan di puskesmas atau di faskes I lainnya berarti diperiksa oleh bidan ya. Kalau mau diperiksa oleh dokter kandungan harus mendapat surat rujukan.

Nggak terlalu lama menunggu, tibalah giliran saya. Ada dua bidan yang memeriksa, yang sepertinya bidan senior dan junior. Karena nggak ada alat USG, bidan hanya memeriksa detak jantung janin memakan doppler, posisi janin, dan ukuran perut.

Nah waktu dicek apakah bayinya sudah masuk panggul atau belum, jujur aja saya merasa kurang nyaman. Pas saya refleks menekuk kaki, malah dibilang, “Nanti mah kalau melahirkan lebih sakit dari ini Neng.” Alias bidannya rada kurang lembut! Padahal kalau periksa di Bidan Helena, lebih nyaman cara meriksanya. Apalagi di bidan Erie, bude Erie sih lembuuuut banget memperlakukan janin.

Saya jadi penasaran biaya melahirkan di puskesmas kalau bukan pasien BPJS di sana. Kata bidannya sih maksimal bayar Rp600-900ribuan, tapi kalau pakai BPJS gratis.

Saya diresepkan kalsium, obat penambah darah, dan vitamin B12. Ketika akan bayar di konter pengambilan obat, apotekernya bilang nggak usah karena gratis. Lalu pas saya tanya lagi di mana kasir untuk bayar biaya pemeriksaan, saya nggak menemukan kasir karena ternyata saya nggak perlu bayar apa-apa lagi. Iya, biaya Rp5000 di awal itu sudah termasuk semuanya! *tercengang*

Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah - ranselriri
Meski hanya bisa periksa kehamilan di hari Senin dan Kamis, Puskemas Bogor Tengah melayani persalinan 24 jam. Apakah puskesmas menerapkan prinsip-prinsip gentle birth seperti IMD dan penundaan pemotongan tali pusar, tidak saya tanyakan. Tapi yang pasti melahirkan di puskesmas mendukung rooming in.

Oh iya, untuk yang baru hamil dan ingin mendapatkan buku pink (KIA), saya sarankan datang ke puskesmas. Buku KIA lebih lengkap dari buku pemeriksaan dokter di RS dan akan terpakai sampai anak besar nanti. Malah menurut saya jangan hamil tanpa buku KIA, karena informasi di dalamnya penting banget untuk bumil dan busui.

Saya datang ke puskesmas hanya sekali karena memutuskan memilih Bidan Erie Marjoko sebagai provider lahiran. Tapi semoga pengalaman yang hanya sekali ini bermanfaat untuk bumil lainnya. Terutama yang dipusingin sama biaya kontrol ke dokter. Karena pada kenyataannya, USG tiap bulan itu nggak perlu-perlu banget kok 😊.Tapi ya itu kembali pada pilihan masing-masing.

Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah - ranselriri
Jadwal layanan Puskesmas Bogor Tengah

Untuk selanjutnya, saya sih berencana untuk imunisasi anak di puskesmas aja. Sedangkan untuk imunisasi tambahan bisa di dokter anak atau klinik vaksinasi tempat saya vaksin pranikah.

Ada yang pernah periksa kehamilan di puskesmas juga?

One thought on “Pengalaman Periksa Kehamilan di Puskesmas Bogor Tengah

  1. Aku aku.. wkwkwk.. jd komen lg nih. Tulisannya bagus dan menarik soalnya 😁
    Aku waktu hamil kontrol di bidan Puskesmas juga (di dokter kandungan juga untuk USG). Kontrol di puskesmas Krn memanfaatkan BPJS aja sih, Krn waktu itu faskes 1ku di puskesmas merdeka Bogor. Tp akhirnya bersalin di bidan sriedodi Krn yah.. faktor kenyamanan dan sreg sama bidannya sih. Hehe. Tp klo kontrol doang lebih milih yg Deket rumah. Oiya, anak aku imunisasi wajib juga di puskesmas. Gratis. Hehe.
    OOT nih. Aku seneng bgt baca tulisan2 mbak. Ajarin caranya bikin tulisan jd blog dongs 😅

Leave a Reply to Ummu Nufail Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *