Konsultasi Nama Anak dengan ‘Nama Si Kecil’

Konsultasi nama anak dengan nama si kecil - ranselriri

Nama saya terdiri dari empat kata yang panjang, berjumlah 31 huruf, dengan nama akhir yang sulit dilafalkan. Karena terdiri dari empat kata, sudah pasti saya membutuhkan waktu yang lama untuk ngebuletin lembar jawaban ujian di saat sekolah dulu. 😂 *who’s with me?*

Saya juga mengalami kebingungan ketika membuat paspor dan visa. Saat mengisi formulir untuk paspor dan visa, pasti diminta untuk menuliskan nama tengah. Nah, karena nama saya terdiri dari empat kata, berarti nama tengah saya ada dua kata dong?

Masalah nama ini juga sempat beberapa kali membuat saya ‘nongkrong’ lama di imigrasi. Seringnya karena nama saya di visa hanya sampai kata ketiga, sedangkan di paspor nama keluarga saya tercatat dengan kata keempat. Jadi pihak imigrasi berpikir kalau nama di paspor dan visa tidak sinkron!

Nggak cuma itu aja, nama di buku tabungan dan kartu kredit pun tidak bisa tercetak semuanya karena kepanjangan! Jangan tanya, betapa saya harus mengulang menyebut nama berkali-kali kalau ditelepon CS bank. Habisnya ejaannya belibet sih.

Yang paling parah sih, ternyata papa saya sendiri salah mengeja nama saya di ponselnya. Lha, padahal kan dia yang ngasih nama ya.

Berbekal pengalaman ini, saya bertekad menamai anak secara wajar. Wajar di sini artinya tidak terlalu panjang, tidak sulit diucapkan, dan ejaan sesuai dengan pelafalan.

Nah masalahnya, kosa kata saya akan sebuah nama yang bagus itu minim banget. Di Google banyak sih, rekomendasi nama anak dari berbagai bahasa. Tapi emangnya yakin arti nama tersebut sudah benar? Jangan-jangan artinya malah buruk.

Saya ambil satu contoh rangkaian nama dari Google:

Konsultasi nama anak dengan nama si kecil - ranselriri

Ternyata dalam bahasa Arab, TIDAK ADA kata ‘Aulian’. ‘Aulian’ juga BUKAN bentuk lain dari ‘Aulia’. Dalam bahasa Arab, ‘Aulia’ merupakan bentuk jamak dari ‘Wali’ yang artinya kawan/sahabat/yang menolong.
Lalu Basira memang ada dalam bahasa Arab. Namun arti yang sebenarnya adalah memasamkan/mengerutkan wajah.

Saya ambil contoh lain:

Ashiyah Azzahra Alfathunissa

Mengambil nama-nama dari bahasa arab memang tricky sekali. Karena meski terdengar sama, beda huruf saja bisa berbeda makna.

‘Asiyah’ adalah istri Firaun yang soleh, tapi ‘Ashiyah’ berarti perempuan yang bermaksiat. Sedangkan ‘Azzahra’ artinya bukan luar biasa atau cerdas, melainkan bunga. Terakhir, penulisan ‘Alfathunissa’ tidaklah tepat. Karena kalau maknanya perempuan yang paling lembut, ejaan yang benar adalah ‘Alfathunnisa’.

Nah kaaan, masih mau ngasal namain anak? Nama adalah doa looh.

Karena tidak mau nama anak saya menjadi missinterpretasi, saya berkonsultasi dengan @namasikecil beberapa minggu sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir). Saya sendiri daftar sejak trimester kedua lalu mendapat jadwal konsultasi di trimester ketiga, karena daftar tunggunya panjaaang. Jadi daripada mepet HPL, sebaiknya booking in advance.

Konsultasi terbagi menjadi dua sesi selama dua hari. Supaya tertib, setiap sesinya memiliki timeline yang bisa dilihat di bawah ini:

Konsultasi nama anak dengan nama si kecil - ranselriri Konsultasi nama anak dengan nama si kecil - ranselriri
Tim Nama si Kecil akan menanyakan preferensi calon orang tua, supaya nama-nama yang diajukan nanti sesuai dengan harapan. Preferensi saya seperti ini:
1. Nama tidak terlalu panjang, mudah dilafalkan, apa yang ditulis sesuai dengan pengucapan. Ibaratnya kalau di masa depan nanti anak saya jadi menteri, wartawan nggak kesulitan nulis namanya. (pengalaman ibunya pas jadi wartawan)
2. Saya tidak menyukai nama berbelit-belit sepert Syaquilla, Shaqueena, karena menyulitkan orang yang akan mengeja.
3. Saya tidak mau nama yang terlalu kearab-araban, tapi ingin tetap menyelipkan kata dari bahasa arab atau nama Islami. (bingung kan?)
4. Saya ingin nama yang terdengar sangat Indonesia. Seperti halnya nama orang Jepang dengan kekhasannya. Jadi misalnya anak saya ke luar negeri, orang langsung bisa mengenali kalau dia orang Indonesia.
5. Saya tidak mau nama yang kebarat-baratan. Contoh: Kenzo
6. Saya menyukai nama-nama klasik dari Sansekerta.
7. Saya kurang menyukai nama dengan unsur KH, SH, TH, TS, SY, DH, ZH, GH, Q, Z, atau ejaan belibet kekinian lainnya. Poin ini hampir sama dengan poin nomor 1 sebenarnya.

Kemudian saya juga berpedoman pada buku ‘Panduan Kehamilan: Perspektif Islam & Kedokteran Modern’ mengenai etika pemberian nama anak dalam Islam. Di buku ini juga dibahasa nama-nama yang dicintai Allah, nama-nama yang diharamkan, nama-nama yang makruh, dan nama-nama yang kurang disukai Rasulullah sehingga beliau mengganti nama tersebut. Oh iya, menyematkan nama dari Asmaul Husna tanpa didahului kata penghambaan seperti ‘Abdul’, ternyata nggak boleh loooh.

Konsultasi nama anak dengan nama si kecil - ranselriri

Tim Nama Si Kecil memiliki beberapa ahli bahasa, sehingga nama-nama yang diambil dari bahasa tertentu bisa dipertanggungjawabkan maknanya. Mau dari bahasa inggris, arab, sansekerta, yunani, jepang, atau hebrew? Bisa kok dikonsultasikan.

Jangan khawatir kalua belum punya nama sama sekali, karena tim Nama Si Kecil akan mengajukan beberapa calon nama sesuai preferensi kita. Kalau sudah punya calon nama pun bisa tetap konsultasi kok. Sekiranya mungkin penasaran atau ingin tahu arti nama yang sudah disiapkan.

Dua hari konsultasi, saya pun mendapatkan nama yang diinginkan. Nama anak saya disensor ya.
Konsultasi nama anak dengan nama si kecil - ranselriri
Pada akhirnya saya memutuskan nama anak saya terdiri dari tiga kata dengan total 16 huruf saja. Yang bikin saya senang adalah nama terakhir anak saya, karena memiliki arti dalam bahasa arab maupun sansekerta.

Konsultasi dengan Nama Si Kecil ini sangat worth it sekali. Terutama bagi calon orang tua yang blank namain anak, tapi tetap ingin anaknya memiliki nama yang bermakna, akurat, dan unik.

Saya mengambil konsultasi reguler dengan biaya Rp150.000. Konsultasi dilakukan via LINE atau WhatsApp. Sebelum konsultasi ada baiknya sudah mengetahui jenis kelamin anak supaya lebih fokus pemilihan namanya ya.

Apalah arti sebuah nama?
Nama adalah doa. Terwujud atau tidaknya adalah wewenang yang Maha Kuasa. Nama anak juga merupakan cita-cita dan harapan orang tua.

Jadi, jangan asal comot nama anak dari Google tanpa tahu makna sebenarnya ya.

2 thoughts on “Konsultasi Nama Anak dengan ‘Nama Si Kecil’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *