Bidan Gentle Birth di Bogor

Bidan Gentle Birth di Bogor

Banyak juga ibu-ibu kota hujan yang mampir ke blog ini untuk cari info tentang provider lahiran. Alhamdulillah kalau informasi yang saya tulis bisa bermanfaat.

Sebelumnya saya sudah menulis beberapa artikel tentang perjalanan kehamilan saya mulai dari survei harga rumah sakit, wawancara bidan, survei bidan, USG 4D, membuat birth plan, kelas yoga, hypnobirthing, sampai akhirnya pengalaman melahirkan.

Nah dari sekian banyak sharing di kolom komentar maupun yang masuk ke email, banyak ibu-ibu yang menanyakan tentang bidan gentle birth di Bogor. Waktu saya mempersiapkan kelahiran (awal tahun 2019), belum banyak bidan yang mempraktikan prinsip gentle birth di Bogor, sehingga saya pun memutuskan ‘jauh-jauh’ ke Depok, tepatnya ke Bidan Erie Marjoko.

Sekarang, sudah ada beberapa bidan yang bisa menjadi rekomendasi.

Bidan Fani (Bidan Ryzfani Aulianda)

Bidan Fani sudah lebih dulu dikenal sebagai bidan homecare, yaitu bidan yang menerima panggilan untuk melayani perawatan ibu dan bayi. Saya sendiri beberapa kali menggunakan jasa bidan Fani, yaitu untuk pijat ibu hamil, pijat bayi, dan pijat laktasi. Kesan saya terhadap beliau adalah pribadi yang ramah, ceria, dan seorang pendengar yang baik.

Hasil ngobrol dengan Bidan Fani (selama beliau beberapa kali ke rumah), beliau sudah mempraktikan filosofi gentle birth termasuk IMD dan delayed cord clamping. Jadi, nggak usah request khusus, karena selama ibu dan bayinya sehat, bidan Fani akan mempraktikkan prinsip tadi.

Bidan Gentle Birth di Bogor

Pentingnya IMD dan penundaan pemotongan tali pusat sudah pernah saya bahas di sini.

Selain itu, sekarang Bidan Fani juga sudah mengantongi sertifikasi sebagai fasilitator prenatal gentle yoga. Kelas yoga diadakan di tempat praktiknya di Ciomas. Tapi karena masih dalam kondisi pandemi Corona, beliau membatasi peserta menjadi hanya tiga orang saja.

Bidan Fani juga bekerja sama denagan dokter kandungan untuk mengadakan pemeriksaan USG di kliniknya. Namun layanan USG hanya dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan. Jadi, sebaiknya cek jadwalnya dulu di Instagram beliau dan buat reservasi sebelum datang ya.

Bidan Fani
Perumahan Mulia Residence, Jl. Safir Blok B3 No. 8 Ciomas Bogor
081808509117
IG: @homecare_bidan_fani_bogor & @griya_bidan_fani_bogor

Bidan Yuni (Bidan Yuni Fitriani)

Bidan Yuni adalah fasilitator yoga saya di RS Suryatni. Selain itu beliau juga seorang childbirth educator, doula, dan penggiat AMANI Birth. Tidak jarang Bidan Yuni membuka kelas bagi orang tua yang bertekad mempersiapkan persalinan sebaik mungkin.

AMANI merupakan prinsip gentle birth secara Islami. Tujuan utama dari prinsip ini adalah mengajarkan bahwa persalinan merupakan bentuk ibadah yang suci kepada Allah dan calon orang tua dianjurkan untuk memberdayakan diri sebagai persiapan untuk menyambut persalinan. Tidak hanya itu, AMANI juga mengedukasi mengenai parenting demi menyiapkan mental orang tua dalam mendidik anak.

Yes, prinsip pemberdayaan, persalinan secara alami, sadar, dan lembut, namun ditambah prinsip secara Islam. Saya belum bisa menjelaskan panjang lebar soal AMANI Birth karena belum pernah mengikuti kelasnya.

Bidan Gentle Birth di Bogor

Lebih jauh tentang AMANI Birth bisa dipelajari di akun Instagram @amanibirth_indonesia atau situsnya amanibirth.com

Tempat praktik Bidan Yuni, kalau tidak salah di daerah Baranangsiang. Untuk alamat klinik dan info kelas dengan beliau bisa langsung hubungi IG-nya.

Bidan Yuni
085770387360
IG: @yuni.biru & @lahirannyaman.id

Sejauh ini baru dua bidan yang saya sebutkan di atas yang bisa memfasilitasi gentle birth di Bogor. Jika sekiranya ada pembaca yang tahu bidan gentle birth di Bogor yang lainnya, mohon tinggalkan di kolom komentar ya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para mom-to-be. Semangat memberdayakan diri!

Bagi yang baru mendengar istilah gentle birth, tulisan ini bisa mencerahkan: Melahirkan Nyaman Minim Trauma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *